6 Resep Kue Basah Praktis Variasi Putu Ayu

6-Resep-Kue-Basah-Praktis-Variasi-Putu-Ayu-Wajib-Coba.

 

Di tengah gencarnya jajanan kekinian, kue tradisional tak kehilangan kharismanya. Kue putu ayu misalnya, tetap diminati walaupun begitu banyak pilihan kue kekinian. Tekstur lembut dan manis dari putu ayu membuat siapapun tak bosan untuk memakannya.

 Terlebih dengan tampilannya yang cantik, putu ayu berhasil memikat mata para penikmatnya. Meskipun tetap eksis, putu ayu rupanya kerap habis diborong oleh pembeli. Biar kamu bisa tetap menikmati panganan ini, buat sendiri di rumah. Berikut 6 resep kue putu ayu yang mudah dipraktekkan.

RESEP KUE PUTU YANG MUDAH

1. Original

Putu ayu original didominasi oleh wangi dan rasa pandan. Untuk membuatnya, Anda harus menyiapkan tepung terigu, tapioka, gula pasir, telur, garam, santan kental, emulsifier atau SP, dan pasta pandan. Pertama, campurkan telur, emulsifier, gula, dan garam. Aduk menggunakan mixer sampai mengental, lalu tambahkan tepung terigu dan tapioka secara manual. 

Tambahkan pula santan kental dan pasta pandan. Jika sudah, masukkan ke dalam cetakan bersama kelapa parut dan kukus hingga matang. Kelapa parut yang digunakan sebagai topping bisa dikukus terlebih dahulu, kalau tidak ingin dikukus bersama adonan putu ayu.

 

2. Warna-Warni

Selain warna hijau, kue putu ayu pun bisa dibuat berwarna-warni. Anda bisa menggunakan pewarna makanan yang aman untuk dikonsumsi, seperti merah, kuning, coklat, maupun ungu. Bahan-bahan yang dibutuhkan tetap sama dengan original, hanya saja ada tambahan pewarna. 

Usahakan pewarna tidak mengandung perasa berlebih, agar kue tetap terasa lezat. Buat anda yang ingin kelapa parut terasa lebih gurih dan nikmat, coba tambahkan vanili dan garam sebelum ditaburkan.

3. Ketan Hitam

Bagaimana rasanya kue putu ayu dari ketan hitam? Penasaran? Coba buat sendiri di rumah dengan resep ini. Siapkan tepung ketan hitam sebanyak 125 gram, 2 butir telur, 50 ml santan kental, 75 ml minyak sayur, SP dan garam secukupnya, serta 75 gram gula pasir. Cara membuatnya tetap sama dengan sebelumnya, hanya saja tepung terigu diganti dengan tepung ketan hitam. Ganti pula pasta dengan minyak kelapa supaya adonan tak terlalu lengket dan padat. 

Baca Juga : Cara Memulai Usaha Kuliner dan Hal Penting yang Harus Diperhatikan

4. Gula Merah

Ingin mengganti gula pasir? Bisa. Anda bisa menggunakan gula merah sebagai pengganti gula pasir pada pembuatan kue putu ayu. Bahan dan cara membuatnya tetap sama, hanya saja tepung terigu dan tapioka diganti tepung ketan dan beras. Kali ini, Anda membutuhkan gula merah yang dicincang-cincang kasar serta vanili. Proses membuat adonannya tetap sama, namun pastikan Anda mencampur bahan-bahan sampai merata untuk menghindari gumpalan.

5. Ubi Ungu

Unik. Mungkin inilah yang terbersit di benak Anda saat melihat putu ayu berwarna ungu. Warna alami dari ubi ungu tak hanya menambah kesan estetis, namun ada manfaat lain. Seperti namanya, putu ayu ini membutuhkan ubi ungu yang telah dikukus dan tepung terigu protein sedang. Ada tambahan baking powder untuk membuat adonan tetap lembut. Bila Anda ingin warna ungu yang lebih kuat, bisa menambahkan pewarna makanan.

6. Wortel

Ternyata, Anda bisa membuat putu ayu yang lebih sehat. Caranya dengan mengganti tepung tapioka menggunakan wortel kukus. Langkah-langkah pembuatannya mirip dengan ubi ungu, hanya saja ubi diganti dengan wortel. 

Setelah semua bahan tersedia, Anda bisa mencampur dengan tahapan di resep-resep sebelumnya. Resep ini sangat cocok untuk para ibu yang bingung menambahkan sayur pada menu makanan anak.

Dapat ide baru untuk membuat kue putu ayu bukan? Anda bisa menjadikan salah satu resep di atas sebagai ide bisnis. Siapa tahu usaha Anda berkembang pesat dan untung besar bukan? Mulailah dari sekarang agar tak menyesal kemudian.

Baca Juga : Resep Gulai Kambing Istimewa Bercita Rasa Gurih dan Lezat

 

 

 

Author: yantof

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *