7 Makanan Khas Sunda Yang Enak dan Lezat

7-Makanan-Khas-Sunda-Yang-Enak-Dan-Lezat-jalantikus-my-id.

jalantikus.my.id – Suku Sunda merupakan salah satu suku terbesar kedua di Indonesia setelah Suku Jawa. Suku Sunda terkenal dengan budayanya yang unik, orangnya yang ramah, santun, dan suka humor atau bercanda. Makanya kata Sunda ini suka dipelesetkan dengan arti ‘Suka bercanda’. Selain itu, Sunda juga terkenal dengan kuliner khas yang otentik, enak dan lezat, yang pastinya akan bisa memanjakan lidah anda. Berikut makanan khas Sunda yang enak dan lezat :

1. Nasi Liwet

Makanan khas Sunda enak dan lezat yang pertama adalah Nasi Liwet. Makanan khas Sunda ini biasanya disajikan saat acara kumpul-kumpul bersama keluarga maupun teman-teman. Selain itu, Nasi Liwet ini juga sering disajikan dengan tambahan teri, tahu, daun serai, dan ayam goreng. 

Nasi Liwet ini memiliki rasa yang cukup unik, yakni rasa nasinya yang agak sedikit manis dan kental serta wangi santen kelapa kental. 

2. Karedok

Jika dilihat sepintas memang Karedok ini hampir mirip dengan Gado-Gado dan Lotek. Karedok ini merupakan hidangan khas Sunda yang disajikan dengan sayur-sayuran mentah. Dan yang membedakan Karedok dengan Gado-Gado maupun Lotek adalah siraman bumbu kacangnya yang cukup banyak.  Selain itu, Karedok ini juga dilengkapi dengan tambahan kerupuk bawang di atasnya. 

3. Lotek

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa Lotek ini hampir mirip dengan Karedok. Karena sama-sama menggunakan bumbu kacang dan kerupuk. Namun, Lotek ini lebih menyajikan sayur-sayuran yang direbus terelbih dahulu seperti kacang panjang, bayam, kentang, dan kapri. Selain itu, Lotek ini bisa anda nikmati secara langsung atau bersamaan dengan nasi. 

4. Bakakak Hayam

Makanan khas Sunda yang enak dan lezat berikutnya adalah Bakakak Hayam. Makanan tradisional khas Sunda berbahan dasar ayam ini cukup unik baik dari segi penyajiannya maupun rasanya. 

Biasanya Bakakak Hayam ini menggunakan dada dan ditusukkan hingga membentuk sebuah bakakak. Selain itu, cara memasaknya juga beragam, mulai dari digoreng hingga dibakar. Rasanya yang enak dan gurih, dijamin akan membuat anda ketagihan. 

Baca Juga : 6 Resep Kue Basah Praktis Variasi Putu Ayu

5. Nasi Timbel

Makanan khas Sunda enak dan lezat selanjutnya adalah Nasi Timbel. Makanan ini sama seperti Nasi Timbel yang berbahan dasar nasi. Namun, yang membedakannya adalah Nasi Timbel ini biasanya disajikan dengan bungkusan daun pisang. Agar rasanya lebih nikmat, anda bisa menambahkan sayur asam ataupun ikan asin dan sambal terasi beserta lalapannya. 

6. Nasi Tutug Oncom

Makanan khas Sunda enak dan lezat lainnya yang patut anda coba adalah Nasi Tutug Oncom. Mungkin masih banyak orang yang belum mengenal dengan makanan yang satu ini, terutama orang diluar Sunda. Makanan yang berasal dari Tasikmalaya ini merupakan campuran dari nasi dan olahan kedelai/oncom. 

Biasanya makanan ini disajikan dengan tambahan ikan asin, daun pisang, jeruk nipis, dan tempe. Selain itu, makanan ini terlihat lebih unik dengan ditambahkan saus sambal hijaunya. 

7. Soto Bandung

Makanan khas Sunda enak dan lezat yang terakhir adalah Soto Bandung. Soto Bandung hampir hampir sama persis dengan soto daerah lainnya, namun yang membedakannya adalah adanya penambahan kacang kedelai goreng dan lobak di kuahnya.

Apabila anda ingin coba menikmati masakan khas Sunda minimalis, maka Soto Bandung ini merupakan pilihan yang tepat. Biasanya Soto Bandung ini menggunakan daging sapi khas dalam atau tetelan.

Baca Juga : 5 rekomendasi Makanan Yang Dapat Mengecilkan Perut Buncit

Author: yantof

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *