Siapa Saja Rasul Ulul Azmi dan Bagaimana Kisahnya?

nama-nama-rasul-ulul-azmi-dan-kisahnya

JalanTikus.my.id – Allah SWT menciptakan manusia, malaikat dan jin tidak untuk tujuan lain yaitu untuk beribadah kepada-Nya. Allah memilih orang-orang pilihannya untuk menjadi kekasihnya sebagai Rasul. Rasul merupakan Nabi pilihan yang menerima wahyu berupa kitab suci untuk dirinya sendiri dan wajib disampaikan kepada seluruh umat manusia untuk beribadah dan menyembah Allah SWT. Hanya 4 orang Nabi yang menerima wahyu atau menjadi Rasul, yaitu Nabi Muhammad, Nabi Isa, Nabi Musa dan Nabi Daud. Dalam menyampaikan pesan atau wahyu tentunya banyak ujian dan cobaan yang menimpa kehidupannya. Karena mereka memiliki keteguhan hati dan kesabaran tanpa batas, para rasul tersebut pun diberi gelar Ulul Azmi.

Baca juga: Kumpulan Kata-kata Bijak Tentang Kehidupan, Menyentuh Banget!

Rasul Ulul Azmi Beserta Kisah-kisahnya

Ulul Azmi merupakan gelar yang di berikan kepada Nabi dan Rasul karena keteguhan hati dan kesabarannya dalam menghadapi umat manusia yang tidak beriman kepada Allah SWT. Tentunya, sangat banyak peristiwa  besar yang di hadapi mereka para rasul ulul azmi tersebut. 

Lantas, siapa sajakah Rasul Ulul Azmi tersebut dan seperti apa kisah hidupnya?

1. Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW Merupakan Ulul Azmi yang paling utama. Allah menyampaikan wahyu lewat perantara Malaikat Jibril kepada Nabi Muhamad SAW berupa Kitab suci Al-Qur’an.

Nabi Muhammad SAW berdakwah menyampaikan pesan dan ajaran-ajaran mulia kepada orang kafir Quraish atau orang Mekkah yang saat itu memiliki akhlak dan kepribadian yang sangat buruk. Namun, ajakan Nabi Muhammad kepada Kaum Quraish  untuk kembali dan menyembah Allah SWT mendapat pertentangan dan perlawanan yang hebat. Mulai dari difitnah mengalami gangguan jiwa,dilempari batu hingga dilempari kotoran.

Hal tersebut tak membuat Nabi Muhammad SAW jera dan ia pun tetap sabar dan berdakwah dengan lemah lembut serta kasih sayang. Sehingga keberhasilan dakwah lemah lembut dan kasih sayang beliau terlihat sekarang, umat Islam menjadi pemeluk agama terbanyak di dunia.

2. Nabi Isa AS

Selanjutnya Nabi Isa AS, Allah memberi gelar kepada Nabi Isa AS yaitu Rohullah artinya Roh Allah. Nabi Isa merupakan termasuk Rasul Ulul Azmi yang diberi Wahyu berupa kitab Suci Injil.

Allah memberi kitab Suci kepada Nabi Isa untuk disampaikan kepada Kaumnya,bahkan untuk menunjukan bahwa ajaran Nabi isa AS benar Allah membekali Mukjizat luar biasa kepada beliau. Mulai dari menyembuhkan orang yang buta,mendatangkan hidangan dari langit dan menghidupkan orang yang sudah meninggal dunia .

3. Nabi Musa AS

Rasul Ulul Azmi yang terakhir adalah Nabi Musa AS. Allah SWT memberikan wahyu berupa kitab Taurat dan mukjizat yaitu berupa tongkat. Dalam peristiwa Bani Israil, Nabi Musa dikejar oleh Fir’aun dan tentaranya di Laut Merah. Ketika ingin menyelamatkan diri, Nabi Musa AS mengetukkan tongkat yang ia bawa dan tongkat tersebut menjadi pembelah laut dengan izin Allah SWT.

Itulah nama-nama nabi yang diberikan gelar Ulul Azmi oleh Allah SWT, serta kisahnya yang memiliki hati yang kuat dan penuh kesabaran dalam menjalani tugas-tugasnya sebagai pembawa pesan kepada manusia agar mereka kembali ke jalan yang benar sehingga mereka mendapatkan gelar Ulul Azmi.

Baca juga: 5 Nabi dan Rasul Ulul Azmi Beserta Mukjizatnya

Author: yantof

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *