Fujifilm Mirrorless X-45, Mirrorless Terbaru dari Fujifilm yang Usung Desain Retro

Fuji-film-Photo

Jika dalam dunia DSLR, merk-merk seperti Canon, Sony atau juga Nikon adalah brand ternama dengan pengguna yang sangat banyak di seluruh dunia, maka di dunia kamera mirrorless, Fujifilm menancapkan kukunya di puncak dan menjadi brand paling populer, khususnya di Tanah Air.

Banyak produk dari Fujifilm sekarang ini lebih diminati dibandingkan dengan produk dari pabrikan besar lainnya. Dan baru-baru ini, Fujifilm kembali merilis satu produk kamera barunya, yaitu Fujifilm Mirrorless X-45. Lantas seperti apa kehebatan Fujifilm Mirrorless X-45 tersebut?

Snapview

Snap-view
Fujifilm Mirrorless X-45 ini adalah sebuah kamera berjenis mirrorless yang masuk dalam kategori entry-level atau kamera yang diperuntukkan bagi para pemula. Walaupun disebut sebagai kamera untuk para pemula, namun fitur-fitur yang dimiliki kamera ini sangat bagus dan tidak kalah dengan kamera-kamera lain sejenisnya.

Mayoritas fitur yang disematkan oleh Fujifilm pada Fujifilm Mirrorless X-45 ini adalah seperti yang terdapat pada kamera-kamera seri X-A lainnya, termasuk dengan fasilitas untuk dapat mencari dan mengunci fokus secara cepat atau dikenal dengan istilah on-chip phase detec autofocus.

Desain

Design

Dimensi total dari perangkat kamera satu ini adalah sebesar 117 x 68 x 40 mm dengan berat 496 gram yang mana terhitung ketika baterai sudah termasuk di dalamnya. Secara umum, desainnya tidak banyak berbeda dengan seri X-A lainnya atau juga model-model kamera mirrorless pada umumnya.

Dalam pembuatan Fujifilm Mirrorless X-45, Fujifilm nampaknya ingin membawa nuansa lama dan mengusung desain retro yang mana kemudian disematkan pada produk barunya itu. Pada bagian pegangan samping kiri dan kanan terdapat balutan material mirip kulit dengan warna pilihan pink, hitam dan cokelat.

Kamera satu ini juga dilengkapi dengan display besar yang mana masih mengusung teknologi touchscreen agar dapat memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan atau ketika memakainya dan dapat dirotasi sampai 180 derajat.

Ketika displaynya diputar 180 derajat, maka Rear Command Dial pada kamera ini akan secara otomatis beralih fungsi menjadi fitur zoom dan shutter release agar memudahkan penggunanya mengambil gambar selfie. Untuk tombol-tombolnya kurang lebih masih sama seperti yang terdapat pada seri-seri X-A lainnya.

Fasilitas

fasilitas-tamansari-cyber

Ketersediaan fasilitas Eye AF di dalam Fujifilm Mirrorless X-45 ini berfungsi untuk memberikan gambar bagus dan maksimal ketika penggunanya memutas displaynya 180 derajat. Fitur hybrid autofocusnya juga berfungsi sangat maksimal ketika digunakan untuk mengabadikan obyek bergerak.

Ketika digunakan untuk merekam video dengan format 4K, Fujifilm Mirrorless X-45 juga lebih dari cukup untuk melakukannya. Terdapat juga eksternal mic jack yang berfungsi ketika penggunanya merekam video.

Terdapat fasilitas Bluetooth Low Energy yang mana berfungsi sebagai penghubung antara kamera dengan perangkat lain, seperti laptop atau sejenisnya. Ketika kedua perangkat sudah pairing atau terhubung, maka penggunanya tidak perlu repot-repot melepas kartu memorinya karena dapat langsung mengirimkannya secara cepat dan mudah. Selain ke laptop, fasiltias bluetoothnya juga dapat dikoneksikan ke perangkat mobile, seperti tablet atau smartphone

.
Sensor optik yang dimiliki Fujifilm Mirrorless X-45 ini sebesar 24,2MP CMOS APS-C dengan ISO dari 200 sampai 12.800 yang mana dapat diperluas lagi sampai dengan 51.200. Shutternya 1/32.000-30 detik. Tidak hanya itu saja, Fujifilm juga mengikutsertakan lensa kit bawaan Fujinon XC15-45mm f/3.5-5.6 OIS PZ.

Harga

Harga

Menurut kabar yang beredar, sekarang ini Fujifilm Mirrorless X-45 masih belum tersedia untuk pasaran Indonesia namun akan hadir dalam jangka waktu dekat. Harga yang ditetapkan oleh Fujifilm untuk produk barunya ini adalah sebesar USD 300 atau Rp 4 jutaan untuk Fujifilm Mirrorless X-45 (BO) dan USD 600 atau Rp 8 jutaan untuk Fujifilm Mirrorless X-45 plus lensa kit.

Author: Are Zuiger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *