Instagram vs Facebook dari Sisi Bisnis

Instagram-vs-Facebook

Sejak diciptakan dan dirilis ke perkenalkan ke publik pada tanggal 6 Oktober 2010, aplikasi foto buatan Kevin Systrom dan Mike Krieger, Instagram kemudian secara perlahan mampu meraih popularitas, walaupun tidak begitu tinggi setelahnya.

Popularitas Instagram meningkat drastis setelah diakuisisi Facebook pada 6 September 2012 dengan harga USD 1 miliar.

Dan kini popularitas Instagram semakin naik, lantas apakah hal tersebut tidak membuat Facebook yang juga bergerak dalam bidang jejaring sosial akan tersaingi?

Jawabannya adalah tidak ada persaingan bisnis dalam hal ini karena Facebook dan Instagram menggunakan metode dan model yang berbeda.

Jika Instagram lebih terfokus pada tampilan berupa foto atau video dengan durasi pendek, Facebook lebih kompleks lagi karena dapat digunakan untuk berbagai macam hal layaknya sebuah platform forum pada umumnya.

Akan tetapi jika ditanya platform mana yang lebih bagus, tepat, efektif, efisien untuk digunakan sebagai sarana penunjang bisnis dan marketing, maka Anda harus mengetahui beberapa fakta dan informasi di bawah ini.

Facebook

Woman-Facebook

Sampai sekarang ini, pengguna Facebook sudah mencapai angka 2,2 miliar. Dengan jumlah yang sangat besar tersebut, maka dapat dikatakan bahwa peluang untuk memasarkan produk akan lebih leluasa karena semakin banyak orang yang menjadi target, maka semakin besar pula peluang produk tersebut akan diketahui atau bahkan terjual.

Selain itu, popularitas Facebook juga masih besar dibandingkan dengan Instagram.

Hal itu dikarenakan pengguna Facebook menyebar mulai dari anak-anak sampai dengan orang tua, sedangkan mayoritas pengguna Instagram adalah remaja sampai dengan orang-orang muda saja.

Jadi apabila dikatakan bahwa sekarang ini popularitas Instagram sudah melewati Facebook, hal tersebut dapat dijawab dengan mengambil dasar di mana tempat pengambilan data tersebut terlebih dahulu.

Jika secara global, maka Instagram dapat dikatakan belum sepenuhnya melewati Facebook.

Para pengguna Facebook sebanyak 77 persen didominasi oleh kaum Hawa dan 66 persen adalah pria.

Usia pengguna Facebook terbanyak adalah antara 18-29 tahun dan kemudian nomor dua adalah yang berusia 30-49 tahun dengan tingkat pendidikan rata-rata setara S1.

Instagram

Instagram

 

Sampai sekarang ini, Instagram sudah memiliki pengguna lebih dari 800 juta orang dengan sekitar 500 juta pengguna aktif setiap harinya.

80 persen dari pengguna Instagram tersebut berada di luar Amerika Serikat dan platform satu ini memang sekarang menjadi salah satu jejaring sosial yang paling banyak diunduh di Google Playstore dan iOS di seluruh dunia.

Dalam sehari saja, ada lebih dari 90 juta foto dan video yang diunggah dan sekitar 4,2 miliar postingan dituliskan di Instagram.

Dengan banyaknya jumlah foto atau video yang diunggah serta banyaknya postingan berupa caption atau komentar yang dituliskan, maka menjadikan satu bukti bahwa engagemet rate atau waktu penggunaan rata-rata Instagram juga sangat tinggi.

Menurut sebuah firma analitik, Locowise pada tahun 2016 lalu, engagement rate Instagram mencapai 0.84 persen dan berada di atas Facebook yang hanya 0.53 persen saja atau jauh mengungguli Twitter yang memiliki persentase 0.04 persen.

Tidak hanya itu saja, menurut Forrester Research, Inc. dengan mengambil data dari tahun 2014-2015, interaksi antar-pengguna di Instagram lebih tinggi dibandingkan dengan Facebook.

Instagram menduduki peringkat pertama sebagai platform sosial media dengan interaksi antar-pengguna yang sangat aktif dan kemudian di bawahnya adalah Pinterest dan baru Facebook di posisi 3.

Kesimpulan

Dikarenakan berbeda model penggunaannya serta tampilannya, maka berbeda pula jika harus membandingkan kedua platform tersebut dari segi efektivitasnya.

Facebook yang menang pada kolom penjelasan dan dapat digunakan untuk menuliskan segala sesuatu secara runtun dan detail, Instagram unggul dalam tampilan.

Namun jika harus membandingkan dari sisi interaksi antar-pengguna dan juga engagement ratenya, maka Instagram dapat dikatakan lebih baik dibandingkan Facebook.

Bahkan untuk pendulangan Like-nya saja, menurut News Whip, Instagram berlipat-lipat kali lebih tinggi dibandingkan Facebook.

Akan tetapi, Facebook memiliki kelebihan lain selain masalah pendistribusian informasi lebih lengkap dan detail, seseorang dapat mempublikasikan dan mengiklankan produknya dalam jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut melalui grup-grup tersendiri.

Jadi ada scope-scope yang terangkum di dalamnya tanpa harus keluar dari cakupan yang akhirnya dapat mengakibatkan bias.

Memang di Instagram juga ada fasilitas hampir mirip yaitu dengan menggunakan hashtag, namun grup di Facebook lebih terfokus pada satu lingkup dan tidak menyebar ke mana-mana.

Author: Are Zuiger

1 thought on “Instagram vs Facebook dari Sisi Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *