Microsoft Sedang Kembangkan Produk Tablet Layar Lipat Pertamanya

microsoft-surface-phone

Ketika Samsung, LG, ZTE dan Apple sedang mencoba mengembangkan perangkat mobile, dalam hal ini adalah smartphone, dengan desain lipat.

Microsoft ternyata memiliki keinginan tersendiri walaupun secara garis besar adalah sama, yaitu akan merilis 4 tablet baru sebagai rangkaian dari keluarga Surface dengan kode nama Libra, Carmel, Capitola dan satu lagi yang masih misterius, yaitu Andromeda.

Khususnya untuk produk dengan kode nama Andromeda, nampaknya Microsoft sedang menyimpan amunisi hebatnya untuk kemudian dirilis ke publik tatkala semua produsen tablet di seluruh dunia telah memperkenalkan atau meluncurkan produk terbaru mereka.

Dikatakan sebagai amunisi hebat karena Andromeda tersebut menurut kabar yang beredar adalah sebuah tablet yang memiliki desain lipat dengan dual layar yang mana masih cukup nyaman untuk dioperasikan dengan berdiri saja.

Bukti bahwa Andromeda merupakan produk tablet terbaru Microsoft dengan desain lipat muncul setelah ada permintaan paten yang dikirimkan oleh perusahaan tersebut dan nama Andromeda disebutkan dalam dokumennya.

surface-pro-4-03

Walaupun tidak dituliskan secara pasti namanya, namun di dalam dokumen paten tersebut disebutkan bahwa akan ada produk yang bakal menggunakan layar lipat atau ditulis ‘digital pocket notebook.’

Sebenarnya, bukan satu hal baru mengenai wacana Microsoft akan merilis produk tablet dengan desain layar lipat karena pada tahun 2009 lalu juga pernah muncul rumor serupa.

Dalam rumor tersebut mengetakan bahwa Microsoft sedang mengembangkan satu produk tablet dengan layar lipat yang memiliki kode nama Courier.

Sayangnya, setelah banyak orang yang menunggu dirilisnya produk tersebut, secara tiba-tiba Microsoft membatalkan perilisan Courier dan kemudian mematikannya.

Namun, apabila merunut pada rumor-rumor serta gambar atau foto yang beredar terkait dengan Andromeda tersebut, ada kemungkinan bahwa Microsoft sekarang ini sedang berusaha kembali membangun dan mengembangkan secara lebih detail lagi Courier dengan nama berbeda.

Hal itu dikarenakan dari segi desainnya, Andromeda dan Courier nampak cukup mirip, yaitu sebuah layar berukuran besar dan mirip seperti buku, namun dapat dilipat menjadi dua bagian.

Andromeda-dan-Courier

Dari rumor lain yang beredar, kabarnya Andromeda dilengkapi dengan kemampuan seperti halnya smartphone atau ponsel pada umumnya, yaitu dapat melakukan atau menerima panggilan.

Hanya saja, untuk kemampuan lainnya, Andromeda lebih komplet dibandingkan dengan smartphone.

Selain diperkirakan akan menggunakan prosesor ARM dan juga operating system Windows 10, Andromeda juga dilengkapi dengan stylus sebagai pembantu penggunanya dalam mengoperasikan atau menuliskan sesuatu pada layarnya secara langsung.

Belum ada kabar lanjutan mengenai Andromeda sampai saat ini. Hanya saja, jika memang serius untuk menciptakan sebuah tablet dengan layar lipat, maka Microsoft harus mengantisipasi pergerakan dari beberapa produsen lain, seperti dua di antaranya adalah Lenovo dan Asus yang kabarnya juga bakal merilis produk sejenis.

Diperkirakan, Andromeda bakal mulai diperkenalkan ke publik atau bahkan siap dirilis pada akhir tahun 2018 ini atau awal tahun 2019 mendatang.

Dan selain akan merilis 4 produk tablet, termasuk Andromeda di dalamnya, pada tahun depan, Microsoft juga dirumorkan sedang bersiap merilis generasi Xbox paling baru yang mana memiliki kode nama Scarlett dan juga HoloLens terbaru yang lebih ringan, murah dan user-friendly dibandingkan dengan model sebelumnya.

Author: Are Zuiger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *