Perjalanan Rumor Samsung Layar Fleksibel dari Tahun ke Tahun

Fleksible-Samsung

Sejak beberapa tahun lalu, terlebih di akhir tahun 2017 sampai pertengahan tahun 2018 ini, rumor mengenai produk smartphone lipat buatan Samsung atau kabarnya dinamakan Samsung Galaxy X terus beredar dan memanaskan persaingan gadget komunikasi dunia.

Sedikit merunut ke belakang tepatnya pada tahun 2013 lalu, LG dan Samsung terlibat persaingan untuk menciptakan teknologi terbaru berupa layar yang fleksibel dan memiliki kelenturan khusus ketika dilipat dan tidak membuatnya patah atau rusak.

Walaupun pada akhirnya tidak seperti yang dibayangkan, namun Samsung dan LG berhasil merilis produk yang menggunakan layar melengkung, yaitu Samsung Galaxy Round dan LG G Flex.

Samsung-Galaxy-Round-G910S

Samsung Galaxy Round merupakan smartphone yang mengusung desain melengkung dengan tekukan berada di bagian tengah dari atas ke bawah (horisontal), sedangkan LG G Flex adalah smartphone yang juga menggunakan desain melengkung dengan tekukan di tengah dari samping kiri-kanan (vertikal).

Sayangnya, menurut kabar yang beredar, jika dibandingkan dengan penjualan LG G Flex, Samsung Galaxy Round kurang mendapatkan peminat yang berlimpah.

Oleh karenanya, produksi dari smartphone dengan layar melengkung tersebut akhirnya dihentikan dan Samsung kembali melanjutkan pada desain seperti pada umumnya.

Namun ternyata, walaupun mengetahui bahwa kurang suksesnya Galaxy Round, Samsung masih sangat berambisi untuk dapat menciptakan perangkat mobile dengan layar yang benar-benar melengkung, fleksibel atau bahkan dapat dilipat.

Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya sebuah video iklan yang diunggah ke YouTube oleh seseorang Yüksel Şensoy.

Dalam video iklan tersebut, Yüksel Şensoy menuliskan caption bahwa video itu merupakan salah satu rangkaian iklan yang dimiliki dan ditayangkan Samsung dalam ajang CES 2013, yaitu Youm Flexible OLED Display.

Memang terlihat sangat bagus tampilan iklan produk Samsung dengan layar lipatnya di video iklan tersebut, hanya saja, setelah tahun demi tahun beranjak baru, wacana Samsung merilis perangkat berbasis layar fleksibel atau bahkan dapat dilipat tersebut tidak terdengar lagi.

Samsung-Galaxy-X.

Lama tidak ada kabarnya, mendekati akhir tahun 2017 kemarin, rumor mengenai wacana Samsung untuk memproduksi dan merilis smartphone yang menggunakan desain lipat kembali muncul dengan nama Samsung Galaxy X.

Bahkan ada rumor beserta bukti foto yang menunjukkan bahwa Samsung sudah mengirimkan permintaan paten untuk desain smartphone lipat itu.

Hanya saja, sebagai produsen smartphone besar dunia yang juga sama-sama berasal dari Korea Selatan, LG tidak ingin kalah dan langsung mempatenkan konsep smartphone dengan layar fleksibel yang dimilikinya.

Tidak hanya LG saja, pada bulan Januari 2018 lalu, ZTE mulai ambil bagian dalam peperangan perangkat mobile dengan desain lipat, yaitu merilis sebuah produk smartphone yang dinamakan ZTE Axon M.

Sayangnya, menurut kabar yang beredar, setelah dirilis ke pasar, ZTE Axon M kurang begitu mendapatkan apresiasi positif walaupun menurut Wakil Presiden Pemasaran ZTE Zee Jeff Yee, produk mereka tersebut laris manis.

Ketika Samsung, LG dan ZTE sedang terlibat persaingan dalam menciptakan perangkat mobile dengan desain lipat, secara diam-diam kabarnya Apple ikut serta dengan menargetkan di tahun 2020 mendatang, perusahaan Cupertino itu akan memiliki produk yang mengusung desain lipat.

Terkait dengan banyaknya kompetitor tersebut, Samsung sendiri menyatakan bahwa mereka sudah sangat siap bersaing dan ingtin menjadi yang pertama merilis perangkat lipat itu.

Bahkan menurut kabar yang kini tengah ramai dibicarakan, produk smartphone lipat dari Samsung tersebut bakal diperkenalkan secara resmi pada akhir tahun 2018 mendatang, sedangkan LG baru akan mempersiapkannya pada tahun 2019.

Berkaca pada rumor yang beredar, Samsung Galaxy X tersebut akan memiliki desain seperti buku yang dapat dilipat dengan layar berukuran sekitar 7,3 inci.

Ketika dalam keadaan terentang, maka terlihat ada satu panel layar besar memanjang dengan bagian tengah yang fleksibel dan dapat dilipat serta disokong engsel khusus pada bagian luarnya.

Hanya saja, ketika sudah dirilis nantinya, smartphone tersebut diperkirakan bakal dibanderol dengan harga yang cukup menakjubkan.

Author: Are Zuiger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *