9 Produsen Kelas Atas Dunia Sedang Mengembangkan Smartphone dengan Layar Lipat

Kumpulan-smartphone-Terbaru

Dunia mobile phone, khususnya dalam hal ini adalah smartphone, untuk meraih pasar yang besar dan mendapatkan predikat terhebat di dunia, maka persaingan demi persaingan selalu muncul dan wajib diikuti oleh banyak produsen dari berbagai negara.

Setelah awalnya bersaing dari segi desain body minimalis, kemudian beralih ke sisi performa, kamera sampai dengan yang terbaru adalah penggunaan desain layar bezel-less.

Kali ini medan persaingan kembali berganti dengan penciptaan perangkat mobile yang mengusung desain layar yang dapat dilipat atau ditekuk dengan istilah dalam Bahasa Inggris adalah foldable smartphone.

Sebenarnya, ide wacana pembuatan foldable smartphone seperti ini sudah muncul beberapa tahun lalu, yaitu ketika Samsung dan LG bersaing untuk menciptakan perangkat tersebut.

Walaupun akhirnya yang tersaji adalah smartphone yang memiliki desain melengkung saja, bukan untuk dapat dilipat.

Di Tahun 2018 ini, berbagai rumor mengenai penciptaan smartphone dengan layar yang dapat dilipat menjadi salah satu fokus utama dan pembicaraan banyak pihak.

Nah, berikut ini adalah produsen-produsen besar dunia yang dirumorkan sedang dalam proses pengembangan smartphone dengan layar lipat

Samsung

Samsung-Galaxy-Round-G9

Setelah sempat menguburimpiannya untuk menciptakan dan memunculkan smartphone dengan layar lipat beberapa tahun lalu, sejak pertengahan tahun 2017 kemarin sampai tahun 2018 ini.

Samsung kembali dirumorkan sedang dalam proses pengerjaan smartphone layar lipat pertama mereka yang kabarnya dinamakan Samsung Galaxy X.

Bahkan menurut rumor yang beredar di Twitter disertai dengan foto penampakannya, dikarenakan mempersiapkan produk smartphone dengan layar lipatnya itu, maka satu produk mereka harus dibatalkan, yaitu sebuah pembuatan smartphone yang mengusung 2 layar atau yang memiliki kodenama Project V atau Project Valley.

Selain itu, ada kabar lain bahwa selain Samsung Galaxy X, Samsung juga memiliki produk yang mengusung desain layar lipat lainnya dengan kode nama Winner.

Belum diketahui apakah Winner ini adalah kode nama untuk Samsung Galaxy X atau produk lainnya.

Huawei

Huawei-Smartphone

Huawei sekarang ini kabarnya masuk dalam kancah persaingan penciptaan smartphone dengan layar lipat. Menurut sebuah media online dari Korea Selatan, ETNews, untuk mewujudkan hal tersebut,

Huawei sengaja menggandeng perusahaan pemroduksi kaca dari Cina, BOE agar dapat membuatka mereka sebuah layar smartphone yang dapat dilipat.

Menurut kabar yang beredar, secara total sebelum dilipat, layar dari produk smartphone Huawei ini akan berukuran 8 inci WQHD AMOLED.

Bahkan dirumorkan pula, perangkat mobile dengan layar lipat buatan Huawei ini akan dirilis sekitar bulan November 2018 mendatang sebagai penjegal langkah Samsung untuk menunjukkan diri sebagai produsen smartphone pertama yang berhasil merilis produk smartphone dengan layar lipat di dunia.

Lenovo – Motorola

Lenovo–Motorola

Setelah dibeli oleh Lenovo, Motorola akhirnya dapat lebih leluasa daripada ketika masih berada di bawah bendera Google sebelumnya.

Kali ini, Motorola dengan persetujuan Lenovo akhirnya memutuskan untuk ikut serta dalam persaingan penciptaan smartphone layar lipat. Bahkan kabarnya sekarang ini Motorola sudah mengantongi hak paten untuk hal tersebut.

Apple

Apple-Smartpohne

Di tahun 2017 lalu, ada sebuah dokumen paten yang dikirimkan Apple ke lembaga pencatat lisensi dan hak cipta dunia.

Dokumen tersebut berjudul ‘Electronic Devices With Flexible Displays’ yang mana memuat informasi mengenai akan dibuatnya sebuah perangkat yang mana dapat dibuka dan ditutup seperti buku.

Disebutkan pula bahwa untuk merealisasikannya, Apple akan bermitra dengan perusahaan asal Asia, sayangnya tidak disebutkan nama rekanannya itu.

Microsoft

microsoft-lumia

Walaupun tidak seperti perusahaan-perusahaan lainnya yang terfokus pada pembuatan smartphone dengan desain layar lipat, Microsoft memiliki jalan sendiri yang sedikit berbeda, yaitu kabarnya ingin menciptakan sebuah tablet yang layarnya dapat dilipat.

Hal tersebut terkuak setelah ada dokumen paten milik Microsoft yang mana tertulis di dalamnya permintaan lisensi dan hak cipta akan desain perangkat dengan layar besar yang dapat dibuka dan ditutup.

LG

LG-Smartphone

LG adalah salah satu kompetitor Samsung terlama dalam hal penciptaan smartphone dengan desain layar lipat ini.

Setelah juga berhasil menyaingi Samsung yang merilis Samsung Galaxy Round, LG meluncurkan smartphonenya, yaitu LG G Flex beberapa tahun lalu.

Dan sekarang ini, LG juga kabarnya akan berpartner dengan BOE untuk menyediakan layar lipat untuk dapat digunakan dalam produk terbaru mereka.

Dell

Dell-Smartphone-Terbaru

Lebih dikenal sebagai produsen laptop atau juga komputer, Dell ternyata juga memiliki keinginan untuk memproduksi perangkat mobile.

Dan ada rumor bahwa naiknya kabar mengenai penciptaan smartphone dengan desain layar lipat, Dell juga tertarik untuk membuatnya.

Hanya saja, dalam rumor yang beredar, jika rata-rata menggunakan operating system Android, Dell justru akan menggunakan OS Windows 10 dalam produk smartphone layar lipatnya yang memiliki kode nama Januss itu.

Selain ke-7 produsen smartphone raksasa dunia di atas, Oppo dan Xiaomi juga dirumorkan sedang mengambil langkah untuk ikut bersaing dalam penciptaan perangkat tersebut.

Hanya saja, sangat minim sekali informasi mengenai Oppo dan Xiaomi terkait dengan smartphone layar lipat tersebut.

Author: Are Zuiger

1 thought on “9 Produsen Kelas Atas Dunia Sedang Mengembangkan Smartphone dengan Layar Lipat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *