Selalu Saja Ada Iklan yang Bermunculan Ketika Sedang Mengakses Internet

Ada kalanya kita merasa heran kenapa selalu saja muncul iklan yang berbeda ketika kita login menggunakan account jejaring sosial atau email dan kemudian terhubung dengan internet.

Bahkan yang membuat aneh adalah iklan yang muncul pada layar kaca perangkat yang kita gunakan, mayoritas tidak sama dengan iklan yang muncul pada layar kaca perangkat orang lain.

Dengan semakin banyaknya iklan-iklan tersebut bermunculan, maka ada kalanya pandangan mata menjadi terganggu, terlebih website yang diakses masuk kategori populer, seperti contohnya Facebook.

Dan akhirnya muncul pertanyaan, kenapa iklan selalu menghampiri dan meneror pengguna internet?

Cookie

CookieCookie dalam hal ini bukanlah yang memiliki artian kue atau sejenisnya melainkan serpihan dari data berupa serangkaian teks berukuran kecil pengguna yang merekam kegiatan dan history penggunaan yang kemudian tersimpan di dalam browser dan perangkat.

Cookie ini berfungsi sebagai mekanisme khusus untuk mengingat informasi apapun dari penggunaan sebelumnya, termasuk dengan kata kunci untuk masuk ke sebuah email, account sosial media dan lain sebagainya.

Ada 2 macam cookie yang dikenal sekarang ini, yaitu first-party cookie dan third-party cookie.

first-party-cookie

First-party cookie adalah dimiliki oleh pemilik website, sedangkan third-party cookie merupakan perangkat lunak khusus yang digunakan oleh para agen atau perusahaan pengiklan untuk mengumpulkan habit atau kebiasaan seorang pengguna internet.

Dengan cara mengumpulkan clickstream record dari berbagai website tersebut, maka para pengiklan dapat menentukan dan menyasar pengguna mana yang dapat disuguhi iklan secara tepat.

Tracking pixel

Tracking-pixel

Tracking pixel atau juga disebut dengan istilah web beacon atau web bug merupakan teknik lain yang digunakan para agen atau perusahaan pengiklan untuk mengetahui dan menelusuri aktivitas selancar pengguna internet.

Jadi, teknik satu ini tidak hanya berbasis pada web browser atau perangkat yang biasa digunakan seseorang saja, namun lebih mengandalkan alur kunjungan sampai dengan lama tidaknya seseorang mengakses suatu website.

Facebook sendiri juga menggunakan metode atau teknik ini untuk menelusuri keberadaan sampai dengan apa yang akan atau sedang dilakukan penggunanya, salah satunya melalui tombol ‘Like’ yang ada dalam jejaring sosial tersebut atau juga postingan dan bahkan melalui alur akses ke grup, fanspage atau hanya ke halaman orang saja.

Special ad network

Special-ad-network

Ada kalanya seseorang akan merasa aman ketika sudah mengaktifkan private browsing atau mode incognito pada browsernya, namun pada kenyataannya hal tersebut kurang lebih masih dapat ditembus oleh para agen atau perusahaan pengiklan untuk mencari da mengumpulkan data.

Hal itu disebabkan sekarang ini para agen atau perusahaan pengiklan sudah memiliki ad network khusus yang digunakan sebagai alat tracing dan juga alat rekam seluruh aktivitas pengguna internet, mulai dari web browser aap yang digunakan, IP address sampai dengan operating system.

Sebagai contohnya, jika Anda mengakses email atau jejaring sosial dari tempat yang lain dari biasanya dan menggunakan perangkat yang berbeda, terkada ada pemberitahuan bahwa account Anda tersebut telah diakses pada hari, tanggal dan waktu tertentu.

Bagaimana pihak penyedia layanan mengetahui? Itu adalah dengan menggunakan cara-cara di atas, termasuk software ad network khusus yang tidak dijual belikan secara bebas di pasaran.

Oleh sebab itu, banyak website besar di dunia yang selalu memunculkan popup berupa peringatan bahwa seseorang telah memasang adblocker atau sejenisnya di browser yang digunakan dan menyuruh untuk mematikannya.

Hal itu dikarenakan dengan diinstalnya ekstension seperti itu, maka para pengiklan tidak dapat menampilkan produk mereka secara langsung.

Author: Are Zuiger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *