Teknologi Pangan: Manfaat Teknologi Pangan

teknologi pangan

Kehadiran teknologi ini memang sangat banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan manusia dalam hampir dalam segala aspek. Salah satunya adalah teknologi yang berhubungan erat dengan makanan atau yang dikenal dengan Teknologi Pangan. Semua tahu bahwa makanan ini merupakan suatu kebutuhan pokok bagi manusia. Sehingga dengan adanya teknologi pangan ini bisa membantu dalam penyediaan makanan bagi manusia. Untuk itu dalam artikel kali ini akan membahas tentang pengertian, sejarah, dan manfaat teknologi pangan sebagai berikut :

  1. Pengertian Teknologi Pangan

Perlu anda ketahui bahwa teknologi pangan ini merupakan suatu disiplin ilmu yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan khususnya setelah panen (pasca panen), dengan menggunakan suatu teknologi yang tepat guna memperoleh manfaat semaksimal mungkin, serta untuk meningkatkan nilai tambah dari pangan tersebut. Dalam teknologi pangan ini, akan dipelajari beberapa hal seperti fisik, kimia, dan mikrobiologis dari suatu bahan pangan serta proses pengolahan pangan tersebut. Dan spesialisasi dari teknologi pangan ini sangat beragam, seperti pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan, dan lain sebagainya.

teknologi pangan

  1. Sejarah Teknologi Pangan

Menurut sejarah, teknologi pangan ini dimulai ketika Nicolas Appert mengalengkan bahan pangan, dan cara ini masih terus berlangsung hingga sekarang ini. Akan tetapi, Nicolas pada waktu itu mengaplikasikannya tidak berdasarkan ilmu pengetahuan soal pangan. Sedangkan aplikasi teknologi pangan yang berdasarkan ilmu pengetahuan dimulai oleh Louis Pasteur pada saat beliau mencoba untuk mencegah terjadinya kerusakan akibat mikroba pada fasilitas fermentasi anggur yang sebelumnya telah melakukan penelitian terhadap anggur yang terinfeksi. Bahkan Pasteur juga menemukan proses yang disebut pasteurisasi, yakni pemanasan susu serta produk susu guna membunuh mikroba yang ada dalam susu tersebut dengan perubahan sifat dari susu yang minimal. Sedangkan sejarah teknologi pangan di Indonesia menyangkut beberapa aspek, selain aspek pendidikan juga berkaitan erat dengan sejarah perkembangan institusi, bidang IPTEK, SDM (Staf, lulusan), prasarana, dan fasilitas, juga menyangkut perkembangan lapangan kerja, industri serta perdagangan pangan, dan dinamika masyarakat serta trend konsumsi pangan.

  1. Manfaat Teknologi Pangan

Dengan adanya teknologi pangan ini sangat mempengaruhi ketersediaan pangan. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa alam ini menghasilkan bahan pangan secara berkala, sedangkan di sisi lain kebutuhan manusia akan pangan adalah rutin setiap harinya. Jadi, kita tidak mungkin menunda akan kebutuhan pangan tersebut sampai masa panen tiba. Sehingga kita membutuhkan suatu cara untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan teknologi pangan. Dengan teknologi pangan ini terciptalah teknologi pengawetan sehingga membuat makanan bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan teknik pengawetan ini juga memungkinkan kita untuk mendistribusikan bahan pangan secara merata ke seluruh dunia. Dengan demikian setiap orang akan bisa menikmati makanan yang belum ada di tempat tinggalnya, misalnya orang Eropa akan bisa menikmati makanan orang Asia atau sebaliknya.

Memang seharusnya begitu dengan adanya teknologi, yakni untuk memberikan kemanfaatan yang sebesar-besarnya bagi ummat manusia. Bukan sebaliknya, justru membuat sengsara atau membahayakan ummat manusia.

Author: yantof

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *