Samsung Galaxy A8 dan A8+, Smartphone Keren dan Stylish dengan Performa yang Tinggi

Samsung-Galaxy-A8-dan-A8+

Awal tahun 2018, Samsung Mobile Indonesia secara resmi merilis dua smartphone terbarunya yang ditargetkan untuk kalangan kelas menengah.

Dua smartphone tersebut yaitu Galaxy A8 dan A8+. Seri ini merupakan generasi penerus untuk Samsung A series sebelumnya yaitu Galaxy A5 dan Galaxy A7 yang dirilis pada tahun 2017.

Galaxy A8 dan A8+ diperuntukkan bagi kaum yang menyukai kegiatan travelling maupun vlogging. Dengan hadirnya kedua smartphone terbaru ini, Samsung seolah ingin menempatkan diri sebagai ponsel dengan kamera selfie kelas atas.

Namun, Samsung secara langsung tidak menyebutkan bahwa kedua smartphone ini sebagai ponsel selfie. Galaxy A8 dan A8+ pada dasarnya memiliki spesifikasi yang hampir sama, hanya terdapat beberapa perbedaan pada ukuran layar, kapasitas RAM dan ROM, serta daya baterai.

Galaxy A8 memiliki layar dengan ukuran 5.8 inci, RAM dengan kapasitas 4GB, ROM berkapasitas 32 GB, serta baterai 3000 mAh.

Sedangkan Galaxy A8+ memiliki layar yang berukuran 6.0 inci, RAM berkapasitas 6GB, ROM dengan kapasitas 64 GB serta baterai 3500 mAh. Kapasitas memori ini masih dapat ditambahkan dengan slot microSD hingga 256GB.

 

Galaxy A8 dan A8+ memiliki desain yang yang hampir sama dengan Galasy S8. Layarnya memiliki tampilan tanpa tombol button dan infinity display FullHD. Sehingga para penggunanya dapat lebih puas menikmati konten.

Tidak seperti smartphone Galaxy S8 yang mengusung ciri khas flagship seperti sisi-sisi kanan dan kirinya yang dibuat melengkung, pada Galaxy A8 dan A8+ pinggiran layar kacanya dibuat datar.

Sisi layar yang melengkung memang membuat tampilan lebih keren namun tidak menambah fungsi apapun pada smartphone itu sendiri.

Kedua smartphone ini dibuat dari bahan kaca yang dilapisi dengan Gorilla Glass dan dibingkai dengan bahan metal yang kuat. Kaca pada samrtphone ini tidak membuat licin saat digenggam.

Tampilan layarnya yang besar  dengan rasio 18.5:9 tetap nyaman saat digenggam dengan satu tangan karena bentuknya memanjang keatas.

Selain itu, terdapat fitur One Hand sehingga mudah digunakan meski hanya menggunakan satu tangan. Pada layarnya telah disematkan fitur.

AlwaysOn dimana dengan fitur ini ada beberapa tampilan yang bisa diatur agar tetep aktif meskipun layar dalam keadaan mati. Layar dengan Super AMOLED membuat warna yang dihasilkan lebih tajam dan cemerlang.

 

Kinerja dari Galaxy A8 dan A8+ ditopang dengan prosesor buatan Samsung sendiri yaitu Exynos 7885 Octacore yang didalamnya terdapat GPU Mali-G71.

Unit kerja prosesor ini dibagi menjadi dua, prosesor Cortex-A73 yang memiliki kecepatan 2.2 GHz yang aktif ketika ponsel digunakan untuk gaming maupun aplikasi yang berat.

Serta prosesor Cortex-A53 dengan kecepatan 1.6 GHz yang aktif untuk kebutuhan yang lebih ringan dan hemat daya.

Galaxy A8 dan A8+ telah dilengkapi dengan dual kamera selfie 16MP dan 8MP dengan bukaan f1.9 serta kamera belakang 16Mp dengan bukaan f1.7.

Tentu saja untuk kamera selfie telah disematkan efek bokeh yang membuat hasil gambar semakin memukau. Pada kamera belakang telah dilengkapi dengan fitur Video Digital Image Stabilization (vDIS) yang mampu merekam gambar dengan hasil yang stabil meskipun dalam keadaan bergerak.

Kedua smartphone ini disematkan Bixby Vision yang mampu menerjemahkan 56 bahasa hanya dengan menangkap informasi dengan menggunakan kamera pada smartphone tersebut.

Selain itu, Galaxy A8 dan A8+ juga dibekali dengan sertifikasi IP68 yang membuat kedua smartphone ini mampu bertahan pada kedalaman air 1.5 meter selama 30 menit.

Author: Are Zuiger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *