Tips Dan Contoh Drone Canggih 2018

Fitur-Drone

Pesawat mini tanpa awak pesawat yang dikendalikan oleh remote kontrol atau yang dikenal dengan istilah drone, akhir- akhir ini semakin mencuri perhatian masyarakat terutama bagi anak muda.

Hal ini dikarenakan mudahnya mengambil gambar dari atas dengan dilengkapi teknologi kamera yang canggih. Selain itu, berbagai merk dengan harga yang miring semakin marak dipasaran.

Meskipun demikian, memilih drone juga tak bisa sembarangan. Berikut tips yang bisa anda simak sebelum membeli drone:

  1. Fitur Drone

Fitur-Drone-Black

Perkembangan teknologi memberikan banyak sekali pilihan drone yang memiliki fitur bagus. Bagi para pemula, sebaiknya memilih drone yang memiliki fitur auto landing dan auto take off.

Jadi ketika anda bingung untuk menerbangkan dan mendaratkannya, Anda bisa langsung menggunakan dua fitur tersebut.

  1. Air Frame

Air-Frame

Pesawat mini ini dapat terbang bukan perkara yang mudah. Salah satunya kuncinya ada pada air frame atau body drone.

Body tangguh tetapi ringan dapat menjadi solusi bagi anda yang belum mahir menerbangkan drone. Body yang tangguh diperlukan agar tidak sobek ketika jatuh.  

  1. Jangkauan Terbang Drone

Jangkauan-Terbang-Drone

Buat para pemula lebih baik memilih drone yang memiliki jangkauanya tidak begitu jauh. Jangkauan disini adalah jarak antara remot control dengan dronenya.

Hal ini berpengaruh terhadap spesifikasi receiver dan transmisinya. Selain itu, pilihlah drone yang memiliki GPS dan auto pilot. Dengan begitu anda akan tahu letak drone dan drone akan kembali lagi ke titik awal.

  1. Spesifikasi Baterai

Spesifikasi-Baterai

Drone dengan kapasitas baterainya kecil, memiliki kemampuan terbang selama 15-30 menit saja. Mengingat waktu terbang yang singkat, lebih baik carilah drone yang memiliki cadangan baterai, sehingga ketika drone anda habis tetap bisa menerbangkan dronenya.

Waktu mencharge baterai drone membutuhkan waktu yang lama, sekitar 2-3 jam.

  1. Kualitas Kamera

Kualitas-Kamera-Drone

Hal yang paling perlu diperhatikan saat memilih drone adalah kualitas kameranya. Saat ini ada yang kualitasnya masih VGA, 2MP dan ada yang sudah HD sampai 12 MP.

Bagi Anda yang mencintai fotografi maka pilihlah drone dengan kualitas kamera bagus.

Setelah membaca tips diatas, anda semakin tertarik dengan drone?. Berikut drone teknologi terbaru  2018 yang bisa dijadikan referensi:

  1. DJI Mavic Pro

DJI-Mavic-Pro

Bagi para pecinta petualangan terutama di alam bebas, drone ini bisa menjadi solusi. Pasalnya dari sisi perekaman, memiliki fitur berkelas seperti kamera yang mempunyai kemampuan merekam video ultraHD 4K.

Dengan kecepatan 30fps, slow motion HD 720p 120fps, dan full HD 1080p 60fps. Selain itu kerapatan resolusinya dengan sensor hingga 12MP. Dengan spesifikasi tersebut DJI Mavic Pro menjadi kandidat kamera drone terbaik 2018.

  1. DJI Phantom 4 Pro

DJI-Phantom-4-Pro

DJI Phantom 4 pro masuk dalam jajaran kamera drone terbaik 2018 sebab memiliki spesifikasi sensor ½,3 pixel dan 12mp.

Lensa kameranya menggunakan FOV (field of view) yang mencapai cakupan bidik 94 derajat 20mm dengan aperture fokus f/2.

Selain itu, fitur obstacle sensing system sehingga pilot drone akan mendapatkan notifikasi jika terdapat penghalang ketika drone sedang terbang.

Sebagai pelengkap fitur kamera, ISO yang disematkan 100 – 3200 untuk video dan 100 – 1600 untuk modus foto, sedangkan elektronik shutter speed mencapai 8 detik sampai dengan 1/8000 detik.

Sementara gambar maskimal yang dihasilkan oleh drone ini adalah 4000 x 3000.

3.Yuneec Typhoon Q500 4K

Keunggulan dari produk terbaru dari yuneec ini sudah dilengkapi dengan monitor untuk mengontrol gambar pada bagian remote controlnya.

Untuk memudahkan stabilisasi kamera maka ditambahkan gimbal kamera jenis C GO3 4K 3-axis yang sudah dipasang dari pabrikan. Selain itu dilengkapi dengan Steadygrip Handheld membantu menangkap gambar.

Spesifikasi yang paling diminati adalah resolusi UHD (ultra high definition) yang dapat menghasilkan gambar mendekati realistis dan tak ada masalah ketika menghasilkan video slow motion 1080p/120fps.

 

Author: Are Zuiger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *