Langkah dan Cara Bayar Pajak Online Melalui e-Billing

Cara-bayar-pajak-online

Jalantikus.my.id – Sekarang ini wajib pajak bisa dengan mudahnya memenuhi kewajibannya didalam membayar pajak dengan memanfaatkan fasilitas fasilitas elektronik yang telah disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak, dan salah satu fasilitasnya itu bernama e-Billing.

e-Billing ini merupakan sistem pembayaran elektronik atau Billing sistem berbasis MPN-G2 yang memfasilitasi Wajib Pajak untuk bisa membayar pajak dengan lebih mudah, cepat, dan akurat.

Cara bayar pajak online ini menggunakan kode Billing, dimana kode Billing ini merupakan kode identifikasi yang diterbitkan melalui sistem Billing atas suatu jenis pembayaran atau setoran pajak yang akan dilakukan oleh Wajib Pajak.

e-Billing pajak sekarang ini telah menerapkan sistem MPG G2 (Modul Penerimaan Negara Generasi Kedua) dan menutup sistem MPN G1 (Modul Penerimaan Negara Generasi Pertama) sejak tanggal 1 Juli 2016 dan terus berjalan hingga saat ini tahun 2020.

Dihadirkannya e-Billing pajak ini untuk mewujudkan komitmen DJP untuk mengalihkan sistem manual menuju sistem elektronik perpajakan.

Lalu bagaimana cara membayar pajak melalui e-Billing pajak ini? Berikut dibawah ini langkah mudah membayar pajak online melalui e-Billing diantaranya yaitu :

Cara-bayar-pajak-secara-online

1. Membuat Kode Billing Atau ID Billing

Untuk membuat kode Billing atau ID Billing ini, ada 7 cara yang bisa dilakukan seperti :

  • Untuk membuat kode Billing berdasarkan surat keputusan pemerintah bisa melalui apliksi online pajak yang merupakan satu satunya Application Services Provider (ASP) yang telah disahkan oleh Direktorat Jenderal Pajak.
  • Kamu juga bisa membuat kode Billing ini melalui teller Bank tertentu yang telah disetujui seperti Bank Mandiri, BNI, BCA, dan Citibank. Atau bisa juga melakukannya melalui Kantor Pos.
  • Bisa juga melalui SSE2 di situs pajak.go.id atau Direktorat Jenderal Pajak Online.
  • Untuk pelanggan Telkomsel bisa melalui SMS id Billing dengan menekan *141*500#.
  • Bisa juga melalui layanan Billing di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP).
  • Bisa melalui layanan di nomor 1500200. Ini berlaku bagi wajib pajak pribadi.
  • Dan terakhir melalui layanan Internet Banking.

2. Membayar Pajak Secara Online

Setelah kode Billing dibuat, maka sekarang kamu bisa melakukan pembayaran pajak online e-Billing melalui beberapa tempat dibawah ini :

  • Bisa melalui OnlinePajak yang hanya berlaku bagi nasabah CIMB Niaga dan BNI saja.
  • ATM atau Anjungan Tunai Mandiri.
  • Teller Bank yang telah bekerja sama.
  • Kantor Pos.
  • Internet Banking.
  • Agen Branchless Banking.
  • Mobile Banking. Tetapi cara ini hanya berlaku bagi nasabah Bank Pembangunan Daerah Bali.
  • Mesin ATM yang berada di seluruh KPP atau KP2KP.

Setelah mengetahui langkah mudah membayar pajak online melalui e-Billing, maka saatnya kamu mengetahui manfaat membuat e-Billing pajak dan Pajak Online di OnlinePajak, berikut dibawah ini manfaatnya:

Baca juga: Suka Main Game? Berikut 10 Game Offline PC Hanya Butuh 2 GB RAM

Cara-bayar-pajak-motor-online

1. Data Tersambung

e-Billing adalah sebuah aplikasi yang sangat mudah digunakan karena efisien dan akan langsung terhubung ke konfirmasi pembayaran pajak.

2. Akurat

Keakuratan adalah hal yang paling penting didalam pajak yang seringkali dibutuhkan oleh orang pajak. Pasalnya hal tersebut berhubungan dengan uang dan juga pembayaran secara besar besaran.

3. Aman Dan Real Time

Transaksi membayar pajak online melalui e-Billing ini lebih aman. Selain itu juga data kamu akan langsung terekam di sistem DJP dan Kas Negara.

Itulah cara bayar pajak online dengan melalui e-Billing. Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi untuk bisa membayarkannya dan juga memenuhi kewajiban kamu tanpa harus khawatir didalam melakukan pembayarannya.

Baca juga: Daftar HP Gaming Terbaik 2020 Yang Paling Recommended!

Author: yantof

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *