Cara Lapor SPT Tahunan Via e-Filing

cara-lapor-spt-tahunan

Jalantikus.my.id – Datangnya bulan Maret menjadi bulan paling sibuk bagi kebanyakan orang karena dibulan tersebut, mereka harus tahu cara lapor SPT tahunan.

Jika sebelumnya untuk mengumpulkan laporan pajak ini harus mengantarkan formulir filing pajak secara langsung ke Kantor Pajak, tetapi sekarang setiap orang wajib pajak bisa mengirimkan pelaporan pajaknya secara online. Fasilitas pelaporan pajak secara online ini disebut dengan e-Filing.

Anda bisa melaporkan jenis pajak apa saja dengan menggunakan fasilitas e-Filing. Fasilitas pelaporan pajak online ini juga bisa digunakan oleh perorangan ataupun Badan Usaha.

Cara Lapor SPT Tahunan

Cara lapor SPT tahunan paling gampang adalah melalui E-Filing. E-Filing ini sendiri merupakan sistem yang berfungsi mempermudah wajib pajak didalam melaporkan SPT (Surat Pemberitahuan) secara online.

Sebenarnya sistem ini telah berjalan sejak tahun 2005 lalu, tetapi belum pasif digunakan karena e-Filing saat itu menggunakan jasa penyedia aplikasi yang merupakan sebuah perusahaan swasta sehingga masih berbayar.

Tetapi ditahun 2012, pemerintah telah menyediakan fasilitas e-Filing secara gratis terlebih lagi bagi pelaporan SPT PPh orang pribadi 1770S dan 1770SS. Adapun perbedaan antara SPT 1770, SPT 1770 S, dan SPT 1770 SS seperti:

  1. SPT 1770 paling kompleks formatnya karena terdiri dari 4 lembar seperti 1 lembar SPT induk, lampiran 1770-I, 1770-II, 1770-III, dan 1770-IV.
  2. SPT 1770 S hanya memiliki 1 lembar SPT induk dan 2 lembar lampiran SPT yaitu SPT 1770 S-I dan 1770 S-II.
  3. SPT 1770SS yang paling sederhana dan dan hanya terdiri dari satu lembar saja.

e-Filling

cara-lapor-spt-tahunan-e-filling

Baca juga: Suka Main Game? Berikut 10 Game Offline PC Hanya Butuh 2 GB RAM

Anda bisa langsung mengakses e-Filing ini di situs http://www.pajak.go.id/ atau https://djponline.pajak.go.id/account/login. Pelaporan pajak ini harus dilakukan setiap bulan Maret dengan tenggat waktu hingga akhir bulan Maret.

Jika anda telah memiliki persyaratan yang dibutuhkan, maka pastinya tidak akan kesulitan untuk melaporkan SPT online melalui e-Filing. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi supaya bisa menggunakan e-Filling pajak, diantaranya yaitu :

  1. Kode EFIN atau Electronic Filing Identification Number.
  2. SPT baik berupa lembaran atau elektronik Nik yang akan disampaikan melalui email.
  3. Telah terdaftar di OnlinePajak.

Setelah anda mendaftar dan memiliki akun, sekarang anda tinggal melaporkan pembayaran pajak dan upload SPT. Lalu cara lapor SPT tahunanvia e-Filing ini bagaimana? Berikut dibawah ini cara melaporkan SPT tahunan via e-Filing diantaranya yaitu :

  1. Pertama tama login ke situs https://djponline.pajak.go.id/account/login dengan cara memasukkan nomor kartu NPWP dan password anda.
  2. Supaya diarahkan ke laman “Daftar SPT” anda tinggal klik “e-Filing”. Dan untuk menuju ke laman selanjutnya, tinggal klik “Buat SPT”. Disini anda akan menemukan adanya beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk menentukan jenis formulir SPT anda apakah 1770 atau 1770 S atau 1770 SS.
  3. Lalu anda bisa memilih apakah akan mengisi SPT dengan formulir atau pertanyaan panduan.
  4. Mengisi semua halaman hingga halaman terakhir. Lalu klik “Disini” untuk mendapatkan kode verifikasi. Kode verifikasi tersebut akan dikirimkan ke email anda.
  5. Kemudian selanjutnya klik “Kirim SPT”. Dan yang terakhir data yang telah diisi disimpan dengan cara klik “Simpan”.

Bagaimana cepat dan mudah kan? Dengan adanya fasilitas ini, anda bisa melakukan pelaporan pembayaran pajak kapan saja, dan bahkan saat malam hari atau hari libur.

Selain itu pihak Dirjen Pajak menyediakan bantuan lainnya seperti pengecekan EFIN dan permintaan kode pembayaran melalui live chat dan Twitter.

Baca juga: Langkah dan Cara Bayar Pajak Online Melalui e-Billing

Author: yantof

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *