Cara Memulai Usaha Kuliner dan Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Cara-Memulai-Usaha-Kuliner

Jalantikus.my.id – Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa bisnis kuliner merupakan salah satu jenis bisnis yang tidak akan pernah padam dari masa ke masanya.

Ya, terang saja demikian, sebab makan adalah kebutuhan primer bagi umat manusia. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika bisnis kuliner ini sangat menjanjikan.

Akhir-akhir ini banyak orang yang tertarik untuk menggeluti bisnis kuliner, terlebih di kalangan anak-anak muda yang memang paling bersemangat dalam hal tersebut.

Namun, modal semangat saja tidak akan cukup dalam merintis usaha kuliner. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa cara memulai usaha kuliner seperti dibawah ini.

1. Komitmen

Dalam jenis usaha apapun, komitmen memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun usaha. Begitu juga dengan usaha kuliner, dimana kamu harus memiliki komitmen yang kuat.

Meski bisnis kuliner yang kamu rintis itu terbilang kecil-kecilan, namun tetap saja harus dilakukan secara terorganisir dan terencana dengan baik.

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan bagaimana pelayanan yang bagus untuk konsumen, serta timbal balik antara pengeluaran, biaya produksi, dan pemasukan.

2. Mengusung Konsep Kuliner Yang Unik

Konsep menarik juga merupakan salah satu kunci sukses bagi para pemula dalam merintis usaha kuliner. Dalam hal ini, sebaiknya kamu memikirkan terlebih dulu mengenai konsep yang unik dan menarik.

Ya, buatlah konsep yang membuat para konsumen menjadi penasaran dan bertanya-tanya, tentang keunikan dari kuliner yang kamu jual itu.

Jika perlu, kamu membuat konsep kuliner yang tidak lazim agar para konsumen semakin penasaran lho. Dengan mengusung konsep kuliner yang unik, maka bukan tidak mungkin bahwa toko kulinermu itu akan diserbu oleh para pembeli.

3. Perhitungkan Modal Secara Matang

Ini dia salah satu hal yang bersifat krusial, yang kerap menjadi penghambat bagi para pemula dalam memulai usahanya.

Ya, tak sedikit dari para pemula usaha yang selalu mengeluhkan tentang sulitnya dalam mendapatkan modal uang. Oleh karena itu, kamu harus memperhitungkan sektor pengeluaran awal dengan matang dan se-efisien mungkin.

Contohnya, belilah peralatan yang memang-memang dibutuhkan dalam usahamu. Dengan kata lain, jangan sampai kamu membeli alat-alat yang tidak dibutuhkan.

Apabila kamu benar-benar kesulitan dalam mendapatkan modal, kamu pun bisa meminjam ke keluarga, kerabat, sahabat, bank, atau mencari investor. Bahkan, kamu bisa memanfaatkan program KUR (Kredit Usaha Rakyat) yang dibuat oleh pemerintah.

Baca juga: Daftar HP Gaming Terbaik 2020 Yang Paling Recommended!

4. Mencari Lokasi Berjualan Yang Strategis

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa pemilihan lokasi yang strategis itu sangat berpengaruh terhadap peningkatan omset penjualan.

Begitu pun dalam memulai usaha kuliner, dimana kamu harus memilih tempat jualan yang berlokasi strategis seperti di pinggir jalan, pemukiman padat penduduk, perkantoran, sekolahan, dan pusat-pusat keramaian lainnya.

5. Melakukan Promosi Secara Gencar

Mengingat kamu masih dalam tahap membangun usaha kuliner, tentu saja kamu wajib melakukan promosi secara gencar. Hal ini bisa kamu lakukan dengan beragam cara, yakni mulai dari keluarga, kerabat, sahabat, dan sebagainya.

Bukan hanya itu, kamu juga jangan sampai lupa untuk memanfaatkan media sosial sebagai media promosinya. Atau, kamu bisa mendaftarkan usaha kulinermu ke GO-FOOD. Dengan demikian, maka usaha kulinermu akan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Nah, itulah beberapa cara memulai usaha kuliner dan hal penting yang harus diperhatikan, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Baca juga: Langkah dan Cara Bayar Pajak Online Melalui e-Billing

Author: yantof

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *