Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Setelah iPhone Tercebur

Iphone-Tercebur

Di era serba digital dan kecenderungan untuk kecanduan gadget yang tinggi seperti sekarang ini, menjadi satu pemandangan yang tidak mengherankan lagi jika melihat seseorang selalu terlihat mengakses dan mengoperasikan perangkat mobilenya, kapan dan di manapun.

Di antara semua smartphone yang banyak dijual di pasaran, iPhone merupakan salah satu produk yang sangat digemari oleh banyak orang. Untuk itu, tidak jarang para pengguna iPhone membawa sekaligus melakukan aktivitas dengan smartphonenya itu di mana dan kapan saja, termasuk di daerah yang cukup berair, seperti di bak mandi, wastafel, toilet dan banyak tempat sejenis lainnya.

Dikarenakan hal itulah, tidak jarang ada laporan bahwa seseorang atau pemiliki iPhone harus menanggung masalah ketika perangkat mobilenya itu terjatuh ke dalam air pada saat sedang digunakan.

Rata-rata, banyak pengguna iPhone langsung mengirimkan perangkat mobile yang terjatuh dan terendam di dalam air itu ke service center terdekat atau tempat servis lainnya agar dapat membantu menyelamatkan barang elektronik mungil tersebut dan dapat digunakan lagi.

Hanya saja, mungkin beberapa tips di bawah ini dapat Anda lakukan sendiri ketika iPhone Anda tercebur ke dalam air daripada harus mengirimkannya ke tempat servis dan mengeluarkan biaya banyak untuk recoverynya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan ketika mendapati iPhone yang Anda miliki tercebur dan terendam air. Apa yang harus dilakukan ketika iPhone terjatuh dan terendam air?

Mesin-Iphone

– Matikan perangkat dengan segera atau setidaknya lepaskan baterai dari smartphone yang bersangkutan agar tidak ada daya listrik yang terus mengalir
– Lepaskan casing iPhone agar ada udara yang masuk dan menyapu air yang menempel did alam perangkat atau Anda dapat gunakan tisu untuk menyeka air
– Lepaskan semua aksesori dan aksesoris lainnya yang masih menempel atau tertancap pada iPhone tersebut, seperti earphone, SIM Card, kartu memori dan lain sebagainya
– Letakkan di tempat kering, hangat dan tidak lembab
– Anda juga dapat menggunakan hairdryer untuk menghangatkan perangkat sekaligus menghilangkan air
– Selain diletakkan di tempat yang kering, hangat dan tidak lembab, Anda juga dapat mengubur perangkat tersebut di dalam beras
– Tunggu dan jangan nyalakan iPhone setidaknya dalam 48 jam

Catatan lain, jika Anda menjatuhkan iPhone ke cairan yang memiliki partikel seperti air laut, sup atau sejenisnya, maka yang harus Anda lakukan dengan segera adalah mengguyur perangkat menggunakan air dalam beberapa menit.

Hal tersebut wajib dilakukan agar dapat menghilangkan partikel yang terdapat di dalam air laut, sup atau sejenisnya itu dan tidak membuat komponen dalam perangkat mengalami korosi dan konsleting.

Apa yang tidak boleh dilakukan setelah iPhone terjatuh ke dalam air?

Baterai-Iphone

– Menghubungkannya langsung dengan charger dan listrik atau ke perangkat komputer
– Mengibas-ngibaskan perangkat karena justru dengan begitu maka air yang sebelumnya hanya berada di satu bagian saja, maka akan semakin merata ke banyak tempat
– Langsung mengaktifkan perangkat
– Membiarkan perangkat tanpa penanganan lebih lanjut.

Hal tersebut tidak disarankan karena justru air yang menempel akan mengering dan menjadi bekasnya akan membuat bagian dalam perangkat mengalami korosi.

Author: Are Zuiger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *