5 Ide Peluang Bisnis di Desa yang Memiliki Prospek

Peluang-Bisnis

Jalantikus.my.id – Apakah saat ini kamu memiliki ide bisnis di desa? Banyak anak muda pergi merantau meninggalkan kampung halamannya untuk mencari uang.

Sangat sedikit anak muda yang tergerak hatinya untuk memajukan kehidupan ekonomi desanya. Kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk meninggalkan kampung halamannya dan bekerja di kota.

Dari sedikit anak muda yang ingin memanjukan roda ekonomi desanya, apakah kamu termasuk kedalam salah satunya yang ingin membuka usaha di kampung halaman?

Jika iya, berikut dibawah ini 5 ide peluang bisnis di desa yang memiliki prospek diantaranya yaitu:

1. Menjual Produk UKM Secara Online Yang Bisa Dijangkau Semua Orang

Jika kamu jeli dalam melihat peluang, maka kamu bisa mengembangkan produk produk UMKM yang ada di daerahmu.

Sebagai contoh produk kerajinan tangan seperti batik tulis, tas, sepatu, produk rajutan, dan masih banyak yang lainnya.

Kamu bisa saja memasarkan produk UKM tersebut secara online, sehingga produkmu bisa dijangkau oleh banyak orang tanpa batas, bahkan hingga ke seluruh dunia.

Cobalah melakukan promosi dengan cara yang kekiniaan misalnya dengan menggunakan media online seperti media sosial, google ads, ataupun instagram.

2. Berdayakan Desa Wisata

Bisnis pariwisata juga sangat menjajikan, sehingga kamu bisa menjadikan peluang bisnis ini sebagai salah satu sumber usaha di desa.

Kamu bisa melakukan kerjasama dengan pihak terkait misalnya saja dengan pemerintahan desa, pemuda desa atau karang taruna, kementrian kehutanan, kementrian pertanian, ataupun dinas terkait.

Kamu bisa mencoba menawarkan wisata alam misalnya saja panorama sawah terasering, wisata air terjun, ataupun wisata hutan lindung. Kamu bisa menyesuaikannya dengan potensi wisata yang ada di kampungmu.

Baca juga: Pilihan Aplikasi Desain Baju Kaos Untuk Pemula

3. Usaha Tani Produk Organik

Pertanian organik akan membutuhkan lahan yang sesuai dan kondisi lingkungan yang mendukung. Pedesaan merupakan tempat yang paling cocok untuk mengembangkan produk pertanian organik.

Jika produk pertanian modern sudah banyak pesaingnya, maka produk pertanian organik masih sangat jarang pesaingnya sehingga memiliki potensi bisnis yang sangat besar.

Terlebih lagi saat ini masyarakat dunia semakin mencari produk produk pertanian organik karena dinilai lebih menyehatkan meski lebih mahal harganya.

3. Bisnis Membuka Toko Kelontong Dengan Fokus Produk Lokal Desa

Di desa juga kamu bisa membuka usaha toko kelontong dengan konsep toko modern. Jika biasanya konsep toko kelontong itu apa adanya, supaya berbeda kamu bisa membuat toko kelontong dengan konsep yang semenarik mungkin.

Nantinya di toko kelontongan yang kamu dirikan bisa diisi dengan produk produk yang dihasilkan petani lokal. Di toko kelontongan tersebut kamu bisa saja menyediakan beras, sayur sayuran, bawang, cabai, tomat, dan buah buahan.

4. Usaha Ternak Ayam Kampung, Kambing, Atau Pembesaran Sapi

Pedesaan identik dengan sebuah lingkungan yang masih asri, sejuk, dan juga sepi. Kondisi lingkungan yang seperti itu sangat cocok untuk mengembangkan usaha peternakan.

Jika biasanya usaha peternakan yang dilakukan masyarakat itu masih dilingkup rumah tangga, dalam arti hewan ternak yang dipelihara liar di lingkungan rumah.

Kamu bisa memulainya dengan membuat peternakan dengan skala yang lebih besar seperti membuat kandang peternakan ayam dan pembesaran kambing atau sapi.

Selain itu masih ada ide peluang bisnis lainnya di desa yang memiliki prospek seperti membuka jasa rias pengantin sekaligus mendesain konsepnya. Atau kamu juga bisa membuka POM bensin mini.

Baca juga: Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri dan Beberapa Jenis Kartunya

Author: yantof

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *