7 Jenis Kamera untuk Para Pemula yang Ingin Memulai Hobi Traveling dan Fotografinya

camera-lenses

Bagi yang memiliki hobi traveling atau juga fotografi, sudah barang tentu gear yang tidak boleh ketinggalan ketika beraktivitas adalah kamera.

Hanya saja, bagi para traveler atau pecinta fotografi yang masih awam atau newbie, tentunya akan merasa kebingungan ketika akan membeli sebuah kamera, terlepas itu baru atau bekas.

Hal itu dikarenakan banyaknya jenis kamera yang dijual di pasaran, mulai dari kamera poket atau compact, SLR, DSLR sampai dengan 360. Nah, berikut ini ada penjelasan singkat mengenai perbedaan mendasar dari semua kamera tersebut.

Kamera poket (compact camera)

Kamera-poket-(compact-camera)

Disebut juga dengan istilah poin-and-shoot camera, kamera poket atau compact camera ini adalah sebuah perangkat untuk memotret atau merekam obyek atau kejadian secara mudah.

Rata-rata fokus dan segala pengaturannya adalah auto agar lebih memudahkan penggunanya dalam mengoperasikannya.

Terdapat juga flash sebagai sarana bantu ketika digunakan di tempat yang minim cahaya. Dengan bentuk yang mungil dan display besar pada bagian belakangnya, maka pengguna kamera jenis ini dapat merekam atau memotret sesuatu dengan cepat dan mudah.

Hanya saja, kamera jenis ini tidak dapat digunakan untuk melakukan trik-trik fotografi pada umumnya, seperti panning, memotret bunga api dan lain sebagainya.

Bridge camera (super zoom camera)

Bridge-camera-(super-zoom-camera)

Bridge camera merupakan kamera yang memiliki bentuk, desain dan ukuran sedikit lebih menyerupai kamera SLR/DSLR. Kamera jenis ini dilengkapi dengan mount lensa yang mana tidak dapat diganti-ganti.

Jadi dapat dikatakan bahwa bridge camera ini merupakan gabungan antara poin-and-shoot camera dengan single lens reflect camera.

Kamera satu ini dilengkapid engan flash yang terletak di bagian atas seperti yang biasa dijumpai di kamera-kamera SLR/DSLR dengan fasilitas superzoom.

Pada dasarnya, segala fitur yang dimiliki cukup menyerupai apa yang dipunyai DSLR, akan tetapi hanya tingkatan ISO sampai dengan sensor lensanya lebih kecil saja.

Instant camera

Instant-cameraMungkin sekarang ini sangat jarang orang-orang di Tanah Air yang menggunakan kamera berjenis instant camera. Kamera jenis ini merupakan kamera yang dapat digunakan untuk mengebadikan suatu obyek dan langsung mendapatkan hasil print atau cetakannya pada saat itu juga.

Dikarenakan harus membawa cartridge dan juga kertas foto, maka secara otomatis bentuk dari instant camera ini tidak semungil dan sebagus kamera poket atau bridge kamera.

Tidak banyak fasilitas yang terdapat pada kamera jenis ini karena yang dibutuhkan hanyalah mengambil gambar, mencetaknya dan selesai.

Hybrid atau mirrorless camera

Hybrid-mirrorless-cameraNah, kamera satu ini dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami peningkatan jumlah penggunanya.

Hal itu disebabkan kualitas dan kemampuan yang dimilikinya sudah hampir menyerupai apa yang dipunyai oleh DSLR. Selain bentuknya yang mungil dan hanya sedikit lebih besar dibandingkan kamera poket, lensa kameranya dapat diganti atau dicopot.

Banyak sekali fitur yang dimiliki kamera satu ini. Kamera mirrorless ini diciptakan bagi orang-orang yang mencintai fotografi atau gemar bepergian dan mengabadikan setiap momen tanpa harus dipusingkan dengan bentuk kamera yang besar dan justru membebankan perjalanan atau aktivitas. Hanya saja, harganya cukup mahal.

SLR/DSLR

SLR-DSLRSLR (Single Lens Reflect) atau DSLR (Digital Single Lens Reflect) merupakan kamera yang sangat dibutuhkan oleh para penggemar fotografi pada khususnya.

Banyak sekali teknologi dan fasilitas hebat yang dimiliki kamera jenis ini karena memang segalanya difungsikan untuk dapat menghasilkan gambar sempurna.

Mulai dari sensor sampai dengan lensa atau juga fitur-fitur di dalamnya sangat bagus dan tidak dimiliki oleh jenis kamera lainnya.

Bahkan tidak semua kamera berjenis mirrorless memiliki fasilitas khusus yang dipunyai SLR/DSLR. Sayangnya, selain harganya yang cukup mahal, termasuk dengan lensa dan juga segala aksesoris lainnya, ukurannya yang besar dan juga berat menjadikan masalah tersendiri bagi orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi.

Action cam

action_camAction cam adalah salah satu jenis kamera yang dalam beberapa tahun terakhir juga mendapatkan penggemar yang cukup berlimpah.

Hal itu dikarenakan action cam memiliki ukuran yang sangat mungil, bahkan lebih kecil dibandingkan kamera poket, namun mempunyai kualitas lensa yang cukup bagus dengan sensor yang kuat walaupun digunakan dalam jangka waktu lama.

Tidak hanya itu saja, dikarenakan namanya action cam, maka secara otomatis kamera ini memang dipergunakan untuk merekam atau mengabadikan segala aktivitas yang tidak dapat dilakukan oleh jenis kamera lainnya.

Seperti untuk merekam atau memotret aktivitas di dalam air, saat bermain salju sampai dengan dipasangkan pada helm dan dibawa untuk berkendara. Hanya saja, tidak ada pengaturan apapun yang dapat dilakukan penggunanya.

Kamera 360

Kamera-360

Ketika Google memperkenalkan produk baru mereka, yaitu Google Maps dan Google Earth, maka muncul pemikiran bahwa diperlukan sebuah kamera yang memiliki kemampuan untuk merekam dari berbagai angle secara langsung dalam satu waktu.

Untuk itulah diciptakannya kamera 360 yang mana akhirnya tidak didominasi lagi oleh Google. Sedikit hampir mirip dengan segala kemampuan yang dipunyai action cam, kamera 360 ini tidak memiliki pengaturan apapun.

Author: Are Zuiger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *